• Posted by : Avil's Note Senin, 21 Februari 2011



    Kesuksesan industri musik pop Korea di Internasional sedang berkembang hari demi hari.

    “Monocle” adalah sebuah program akhir pekan yang dipandu oleh Tyler Brule yang melakukan “tur keliling dunia” dengan laporan2 tentang segalanya mulai dari budaya hingga trend. Dan di minggu ini Brule memilih untuk menampilkan Seoul, Korea Selatan dan industi musik yang sedang berkembang.

    laporan yang dijadikan diskusi ada 3 area yaitu, Industri pop Korea sebagai kekuatan ekonomi sebenarnya Korea dan ekspor yang paling ampuh, Signifikasnsi dari media sosial dalam kesuksesan pop Korea dan fakta kalau pop Korea lebih dari sekedar musik dan paket baik itu daya tarik secara visual dan audio.

    Di program ini Big Bang GD&TOP juga ditampilkan dengan bangga sebagai yang teratas, dan dikatakan “Semangat dari fans yang tinggi. Temperatur Sub-zero tidak berhenti di gadis2 ini dari mengagumkan superstar G-Dragon and T.O.P, mereka disini merilis single2 dari project terbaru mereka. Di usia 22 tahun mereka telah menjadi dua wajah yang paling dikenali dari Asia.” lalu dimunculkan klip2 wawancara singkat mereka dimana mereka membagi pandangan mereka terhadap industri musik.

    TOP berkomentar, “Namun kamu melihatnya, orang2 tampaknya merasakan sebuah sense dari perjalanan dan misteri tentang Korea, tampaknya mereka melihat kami dalam sisi positif.”

    Setelah dirinya GD berkata, “Saat ini, untuk mengetahui begitu banyak fans di seluruh dunia yang mendengarkan musik dari negara kecil kami, ini memiliki sebuah efek yang sangat besar di layar musik Korea. Tapi, situasi berubah dengan sangat cepat, dan layar pun harus berkembang dengan cepat.”

    Wajah familiar lainnya yaitu Direktur Eksekutif YG Entertainment, Kim Jinu, juga ditampilkan, menjelaskan tentang kenyataan dari reformasi media sosial. Dia mengatakan, “YouTube saat ini adalah alat komunikasi yang terbaik untuk kami untuk meraih pusat demografis penonton kami yaitu anak2 muda. Di Dunia, tidak hanya di Korea – tidak ada lagi batas dan perbatasan. Kami tidak lagi harus mengandalkan stasiun2 TV dan stasiun2 radio. Jaringan sosial telah menjadi pilihat alat komunikasi. .“

    Artis2 lain yang disebutkan dalam segmen tersebut ada BoA, Girls’ Generation, Epik High, Super Junior, 2NE1, dan Wonder Girls bersamaan dnegan single hit mereka “Nobody”. Berbagai cuplikan2 dari MV2 juga ditunjukkan sebagai sebuah penguatan terhadap proposisi pop Korea itu dasarnya sangat visually sinkron dengan daya tarik musik.

    Lihat videonya disini :

    http://www.youtube.com/watch?v=HRgmZ7PAYEU&feature=player_embedded



    Source: Bloomberg

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Avil Laila

    Avil Laila - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan